Logo

Pengaruh penyeberang jalan terhadap kinerja beberapa ruas jalan di Surabaya (studi kasus di jalan A. Yani)

Agustin, Candra Irawan and Muliyanto, Budijoyo (2003) Pengaruh penyeberang jalan terhadap kinerja beberapa ruas jalan di Surabaya (studi kasus di jalan A. Yani). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyeberang jalan yang menyeberang pada ruas jalan seringkali memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kelancaran arus lalu lintas. Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan A. Yani, yaitu pada 6 titik pengamatan, dengan variabel yang ada adalah kondisi geometrik jalan, jumlah penyeberang, waktu menyeberang, dan volume lalu lintas. Distribusi penyeberang jalan terfaktor (Factorized Crosser) dianalisa dengan menggunakan tes Kolmogorov Smirnov, sedangkan hubungan antara jumlah penyeberang jalan terhadap waktu menyeberang dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dan hasilnya dibandingkan dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, kemudian dapat ditentukan apakah MKJI-1997 sudah sesuai dengan kond isi jalan yang ada di Surabaya. Dari hasil analisa didapatkan distribusi penyeberang jalan terfaktor adalah normal. Waktu tempuh kendaraan per 200 m dengan menggunakan MKJI-1997 relatif sudah sesuai dibandingkan dengan hasil analisa di Surabaya untuk penyeberang jalan antara 0 sampai 200(orang/jam). Sedangkan untuk penyeberang jalan antara 200 sampai 600(orang/jam), MKJI-1997 memberikan nilai waktu tempuh kendaraan per 200 m yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: crosser, road lane performance, mkji-1997, kolmogorov smirnov test., traffic engineering, transportation, surabaya
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:59
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item