Logo

Enhancing the durability of concrete blocks used for fisher walls (Peningkatan Durabilitas Penggunaan Batako untuk Tembok pada Tambak)

Wijaya, Ivan Adi and Poeguh, Yoseph Librata (2003) Enhancing the durability of concrete blocks used for fisher walls (Peningkatan Durabilitas Penggunaan Batako untuk Tembok pada Tambak). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada lingkungan yang mengandung kadar sulfat yang tinggi tidak semua material bangunan dapat bertahan lama, oleh karena itu perlu dilakukan pemilihan material bangunan yang mempunyai daya tahan terhadap sulfat yang tinggi mengingat sulfat bersifat merusak. Untuk menahan serangan sulfat tersebut diperlukan durabilitas batako yang cukup tinggi, untuk meningkatkan durabilitas batako tersebut kami menggunakan 2 cara, yaitu dengan mengubah komposisi dari batako tersebut dan dengan mengganti semen PC (Portland Cement) yang digunakan untuk membuat batako dengan semen pozzolan atau biasa disebut dengan semen PPC (Pozzolan Portland Cement). Untuk komposisi dasar yang kami gunakan sebagai patokan adalah semen (PC) : agregat = 1 : 9, dari komposisi dasar tersebut kami melakukan metode kombinasi sampel yang disebut dengan metode factorial design. Dari metode tersebut dapat kami simpulkan bahwa untuk campuran semen (PC) : agregat 1,2 : 8,8 dengan Compression Strength sebesar 72,77 Kg/cm 2 adalah campuran terkuat untuk semen (PC) dan untuk semen pozzolan (PPC) komposisi terkuatnya adalah semen pozzolan (PPC) : agregat = 1,2 : 9,2 dengan Compression Strength sebesar 84,71 Kg/cm 2

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: concrete blocks, sulfate attacks, portland cement, pozzoland , wall
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 04 May 2011 14:23
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item