Logo

Analisa pengaruh inflasi, suku bunga, dan nilai tukar mata uang terhadap return saham (studi kasus pada saham-saham indeks LQ 45 di BEJ periode Agustus 2002-Juli 2005)

Santoso, Lyana and Wijaya, Vony (2006) Analisa pengaruh inflasi, suku bunga, dan nilai tukar mata uang terhadap return saham (studi kasus pada saham-saham indeks LQ 45 di BEJ periode Agustus 2002-Juli 2005). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Investasi merupakan komitmen sejumlah dana untuk tujuan memperoleh keuntungan di masa depan. Semakin menjanjikannya dunia pasar modal membuat begitu banyak orang mulai berinvestasi di dunia pasar modal. Setiap investasi yang dilakukan oleh seorang investor di pasar modal, pada dasarnya ia mempertimbangkan hasil atas investasi yang dilakukannya, atau yang disebut dengan return ( imbal hasil ). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang hubungan berbagai variabel ekonomi, yaitu : inflasi, suku bunga, dan nilai tukar mata uang ( Dollar terhadap Rupiah ) dalam mempengaruhi return saham yang dapat digunakan oleh investor sebagai salah satu acuan untuk melakukan jual beli saham. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisa multiple factor model dengan program SPSS versi 14,0. Variabel sampel yang digunakan terdiri dari inflasi, suku bunga, nilai tukar mata uang, dan indeks LQ 45 periode Agustus 2002 - Juli 2005. Hasil penelitian dengan menggunakan uji normalitas dan analisa multiple factor model menunjukkan bahwa tidak ada satupun dari variabel ekonomi di atas ( inflasi, suku bunga, dan nilai tukar mata uang ) yang berpengaruh secara signifikan terhadap return saham.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: inflation, interest rate, exchange rate, return stocks
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:53
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item