Logo

Analisis pengaruh pengumuman dividen terhadap abnormal return saham (studi kasus pada perusahaan telekomunikasi Indonesia dan Indosat tahun 1999-2003)

Putra, Angga Prawira (2006) Analisis pengaruh pengumuman dividen terhadap abnormal return saham (studi kasus pada perusahaan telekomunikasi Indonesia dan Indosat tahun 1999-2003). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode event study yang bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh pengumuman dividen terhadap abnormal return saham Perusahaan Telkom dan Perusahaan Indosat, yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, periode pengamatan 1999 hingga 2003. Abnormal return saham adalah selisih antara actual return sekuritas dan expected return. Alat statistik yang digunakan untuk menghasilkan expected return adalah regresi Ordinary Least Square. Sedangkan untuk menguji hasil abnormal return, digunakan One Sample T-Test dan Before-After Test. Diduga, pengumuman dividen berpengaruh secara signifikan terhadap abnormal return pada Perusahaan Telkom dan Indosat. Ternyata, hasil empirik menunjukkan bahwa pengumuman deviden tidak berpengaruh terhadap abnormal return saham pada kedua perusahaan. Hasil ini dikarenakan seringnya para investor menggunakan intuisi dalam melakukan jual beli saham, serta rendahnya perubahan dividen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: abnormal stock return, securities actual return, expected return
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:48
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10308

Actions (login required)

View Item