Logo

Studi perbandingan produk direct chill casting dengan permanent mold casting

San, John (2004) Studi perbandingan produk direct chill casting dengan permanent mold casting. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pemilihan proses produksi, metode yang akan digunakan biasanya bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Metode yang dipakai akan berpengaruh terhadap struktur mikro yang terbentuk dan sifat mekanisnya. Dari penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sifat mekanis dan struktur mikro antara direct chill casting dan permanent mold casting, metode apa yang akan dipilih jika akan memproduksi silinder pejal. Pemilihan jenis metode didasarkan pada kualitas hasil cor untuk menghasilkan silinder pejal. Kualitas produk cor silinder pejal tersebut diteliti struktur mikro, kekerasan, serta kekuatan tariknya, apakah dipengaruhi oleh metode yang digunakan dan temperature tuangnya. Variasi temperature yang digunakan adalah 750 o C, 775 o C, 800 o C. Kualitas produk silinder pejal yang telah diteliti struktur mikro, kekerasan serta kekuatan tarik dipengaruhi oleh metode yang digunakan dan temperature tuang yang digunakan serta posisi. Dari kedua metode diatas, memiliki sifat mekanis yang hampir sama dan struktur mikro yang sama pula namun berbeda dalam hal ukuran. Dari hasil percobaan kedua metode tersebut secara garis besar metode Direct Chill Casting mempunyai hasil yang baik ditinjau dari kekerasan dan kekuatan tariknya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: direct chill casting, permanent mold casting, micro structure, tensile strength, hardness rockwell b, manufacture, engineering
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:16
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10452

Actions (login required)

View Item