Logo

Implementasi yield management di hotel skala kecil dan menengah di Surabaya: investigasi mengenai hambatan dan faktor keberhasilan

Fitriyono, Hendra (2006) Implementasi yield management di hotel skala kecil dan menengah di Surabaya: investigasi mengenai hambatan dan faktor keberhasilan. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yield Management sebenarnya bukan konsep baru, banyak manajer hotel yang memahami tentang ide untuk menstimulasikan harga sebagai faktor untuk merangsang permintaan (pesanan kamar). Pada saat pesanan kamar mengalami penurunan, maka harga bisa ditetapkan lebih rendah, dan saat permintaan melebihi kapasitas kamar, harga bisa dinaikkan. Berdasarkan fenomena Yield Management diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh, bagaimana implementasi Yield Management pada hotel skala kecil dan menengah di Surabaya dengan melakukan investigasi mengenai faktor-faktor hambatan dan keberhasilan dalam pengimplementasian Yield Management. Berdasarkan pembahasan, terdapat faktor-faktor hambatan pada hotel skala kecil untuk menerapkan Yield Management, yaitu: kurangnya penguasaan Yield Management, pandangan yang salah terhadap fluktuasi pesanan karena dianggap sebagai proses yang tidak perlu disiasati, dominasi pemilik, sumberdaya manusia yang kurang berkompeten, dan keterbatasan modal. Faktor-faktor tersebut merupakan hambatan bagi hotel skala kecil sehingga belum menerapkan Yield Management. Sedangkan untuk hotel skala menengah, faktor-faktor yang mendukung dalam penerapan Yield Management yaitu: Sumberdaya manusia berkompeten, Pengetahuan memadai tentang Yield Management, Ketersediaan modal yang memadai, Tersedianya sistem informasi, dan Networking. Faktor-faktor tersebut adalah faktor yang mendukung hotel skala menengah sehingga hotel ini berhasil menerapkan Yield Management.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: yield, yield management, small hotel, medium hotel, proyeksi, revenue
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:17
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10458

Actions (login required)

View Item