Logo

Pembuatan aplikasi pengambilan keputusan multikriteria untuk pemilihan supplier dengan menggunakan metode fuzzy preference relation pada PT "X"

Natalia, Jani Setiawati (2006) Pembuatan aplikasi pengambilan keputusan multikriteria untuk pemilihan supplier dengan menggunakan metode fuzzy preference relation pada PT "X". Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supplier adalah salah satu bagian yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan adanya supplier maka perusahaan dapat memenuhi kebutuhan akan barang-barang yang diperlukan. Pada PT. "X" untuk memilih supplier, setiap karyawan yang berwenang dalam menentukan supplier mengalami kesulitan untuk dapat langsung mengambil keputusan terutama pada saat terdapat beberapa supplier yang memiliki kualitas yang sama-sama baik. Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dibuat suatu aplikasi untuk membantu dalam penentuan supplier barang. Dimana dalam proses perhitungan digunakan metode fuzzy preference relation dan sebagai input menggunakan data dari hasil kuesioner pemilihan supplier. Sebagai hasil akhir didapatkan perankingan dari calon supplier untuk kemudian dipilih dan menjadi supplier. Selain itu, juga dapat digunakan untuk menyimpan data-data kriteria yang digunakan untuk masing-masing barang sehingga kriteria untuk setiap barang dapat terdefinisi dengan jelas. Dengan adanya aplikasi ini maka dapat memudahkan dalam menentukan supplier barang dan tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu juga dapat menyimpan data-data kriteria setiap barang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: fuzzy preference relation, decision maker, supplier, servqual
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:13
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10498

Actions (login required)

View Item