Logo

Perhitungan PPh terutang dan penyusunan laporan keuangan konsolidasi pada perusahaan - perusahaan yang memiliki hubungan istimewa

Adimasto, Vera Trisnawati (2004) Perhitungan PPh terutang dan penyusunan laporan keuangan konsolidasi pada perusahaan - perusahaan yang memiliki hubungan istimewa. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam rangka kemajuan dunia usaha yang begitu pesat, banyak perusahaan yang mengadakan konglomerasi sehingga antar perusahaan terdapat hubungan istimewa. Antar perusahaan yang terdapat hubungan istimewa tersebut terdapat beberapa transaksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perhitungan Pajak Penghasilan terutang antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa menurut Peraturan Perpajakan dan Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi menurut Standar Akuntasni Keuangan. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah tersedianya informasi bagi para pembaca tentang perhitungan Pajak Penghasilan terutang menurut Peraturan Perpajakan antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa dan penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi menurut Standar Akuntasni Keuangan. Penelitian ini berupa studi kasus dengan menggunakan data primer, yang berupa Laporan Keuangan (Neraca, Laporan Rugi Laba, dan Laporan Perubahan Laba Ditahan), yang mana sumber datanya berasal dari internal dan metode penelitian yang digunakan adalah wawancara langsung terhadap perusahaan yang bersangkutan. Dari hasil penelitian ini didapatkan perbedaan perlakuan antara Peraturan Perpajakan dengan Standar Akuntansi Keuangan untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan istimewa. Menurut Peraturan Perpajakan, pajak penghasilan yang terutang untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan istimewa tersebut dihitung berdasarkan laporan keuangan masing-masing perusahaan tersebut setelah dikoreksi secara fiskal. Sedangkan menurut Standar Akuntansi Keuangan, untuk transaksi antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa tersebut, harus dibuat Laporan Keuangan Konsolidasi, tetapi tidak diitung pajak penghasilan dari Laporan Keuangan Konsolidasi tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: income tax, consolidation, financial, statement, relationship
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:06
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10552

Actions (login required)

View Item