Logo

Persepsi mahasiswa pecinta alam Surabaya mengenai program wisata alam Jelajah di Trans TV dan Jejak Petualang di Trans 7

Huda, Jainul (2007) Persepsi mahasiswa pecinta alam Surabaya mengenai program wisata alam Jelajah di Trans TV dan Jejak Petualang di Trans 7. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program wisata alam Jelajah dan Jejak Petualang merupakan program informasi dokumenter yang diproduksi oleh Trans Corp Television, khusus bagi penggemar traveling. Adapun mereka yang menjadi target audiens dari tayangan ini adalah para penggiat alam. Peneliti melakukan penelitian dengan metode deskriptif kuantitatif, memilih mahasiswa pecinta alam Surabaya yang menonton program tersebut sebagai subyek penelitian. Faktor kedekatan dari subyek inilah yang bisa memaknai program wisata alam, dan mengukur sejauh mana tingkat persepsi mereka mengenai program wisata alam di televisi. Peneliti berasumsi bahwa program televisi memberikan pengaruh kepada audiensnya, program di televisi dapat membentuk persepsi audiens (tahap kognitif). Pada tahap sensasi, atensi dan interpretasi mengenai tayangan wisata alam di televisi mempunyai peranan untuk membentuk suatu persepsi audiens. Sensasi, atensi maupun interpretasi yang terbentuk merupakan proses individu dalam memaknai objek yang ada di sekitarnya. Dari indikator persepsi menunjukan kuat pada tahap sensasi, cenderung kuat pada tahap atensi dan sedang pada tahap interpretasi. Sehingga persepsi audiens mahasiswa pencinta alam Surabaya mengenai program wisata alam di televisi adalah kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: perception, media exposure, nature lovers student, nature tourism program
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:04
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10557

Actions (login required)

View Item