Logo

Pengaruh latar belakang demografi terhadap kecepatan memperoleh pekerjaan di sektor perdagangan dan industri di Semarang

Kobstan, Devi Wilyana (2005) Pengaruh latar belakang demografi terhadap kecepatan memperoleh pekerjaan di sektor perdagangan dan industri di Semarang. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh latar belakang demografi terhadap kecepatan memperoleh pekerjaan di sektor perdagangan dan industri di Semarang. Adapun yang menjadi obyek penelitian tugas akhir ini adalah pencari kerja di Kota Semarang tahun 2003 yang tercatat pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang berjumlah 5000 orang. Sektor yang diteliti dibatasi pada sektor perdagangan dan industri di Kota Semarang tahun 2003. Dari sejumlah populasi pencari kerja tersebut didapatkan sejumlah 3063 orang diterima bekerja pada perusahaan-perusahaan di Kota Semarang. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif menggunakan tabel distribusi frekuensi daftar). Dengan membandingkan nilai KK dengan KKmaks, dapat diperoleh keputusan hubungan antara usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status pernikahan dan kompetensi/keahlian dengan kecepatan memperoleh pekerjaan di sektor perdagangan dan industri di Semarang. Sedangkan untuk analisis kuantitatif menggunakan uji Chi-Square, dari nilai uji ini dapat diperoleh nilai Koefisien Kontingensi (KK) dan industri di Semarang. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa jenis kelamin tidak mempengaruhi seseorang dalam memperoleh pekerjaan. Sedangkan usia, tingkat pendidikan, status pernikahan, kompetensi/keahlian yang dimiliki mempengaruhi seseorang dalam memperoleh pekerjaan. Adapun untuk usia 21-30 tahun, tingkat pendidikan SLTA, status belum menikah dan kompetensi komputer adalah yang paling cepat memperoleh pekerjaan yaitu =2 kali mendaftar atau kurang dari 6 bulan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: job seeker, opportunity, demography, speed, list repeat
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 13:53
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10642

Actions (login required)

View Item