Logo

Perancangan karakter visual wayang boneka marionette sebagai media pembelajaran dan alat permainan edukatif untuk anak-anak

Halim, Stella Evanda (2008) Perancangan karakter visual wayang boneka marionette sebagai media pembelajaran dan alat permainan edukatif untuk anak-anak. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bermain bagi anak-anak merupakan rangkaian proses belajar, karena dalam setiap proses bermain otak anak mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan otak pada anak yang jarang bermain 20-30% lebih kecil dari otak normal anak seusia mereka. Dan pada usia 5-10 tahun otak anak mengalami masa perkembangan paling potensial. Keberadaan sebuah media pembelajaran dan alat permainan edukatif sangat dibutuhkan bagi anak-anak, karena dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Perancangan ini meliputi karakter visual wayang boneka marionette (terdiri dari rancangan figur, kostum) beserta mock-up yang merupakan hasil penggabungan konsep bermain dan belajar. Wayang boneka ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran maupun alat permainan edukatif bagi anak-anak yang interaktif dan menyenangkan sekaligus mampu membantu meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak, kemampuan anak dalam memecahkan masalah, mendorong spontanitas anak, dan aktualisasi diri. Selain itu, masuknya unsur kebudayaan Indonesia dan uniknya bentuk perwajahan yang tampak dalam setiap figur membuat wayang boneka marionette ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh wayang boneka marionette pada umumnya. Namun, karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya, wayang boneka marionette ini belum pernah diujicobakan sebelumnya, sehingga masih belum dapat diukur tingkat keefektifannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: visual character, marionette, learning media, educative toy
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 19:22
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item