Logo

Peningkatan efektivitas pencampuran serbuk kulit kerang laut pada proses stir casting aluminium dengan penambahan magnesium

Putranto, Yudy Hendro (2007) Peningkatan efektivitas pencampuran serbuk kulit kerang laut pada proses stir casting aluminium dengan penambahan magnesium. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penambahan magnesium sebagai wetting agent pada proses peleburan aluminium dengan serbuk kulit kerang laut (Ca) ternyata dapat mengikat Ca sehingga dapat masuk ke dalam matrik Al. Dalam penelitian ini akan digunakan metode stir casting yaitu sistem peleburan logam aluminium dengan cara pengadukan. Eksperimen dilakukan dengan cara melakukan pengecoran Al dengan penambahan 5% serbuk kulit kerang laut (Anadara Granosa) dan 10% Mg dengan variasi kecepatan pengadukan 320 rpm, 500 rpm, 700 rpm selama 30 detik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bertambahnya kecepatan pengadukan terjadi peningkatan terhadap angka kekerasan. Hasil analisa SEM dan EDX pada spesimen campuran 5% berat (17.5gram) serbuk kulit kerang laut dan 10% berat (35gram) Mg menunjukkan adanya unsur Ca yang masuk membentuk senyawa pada batas butir dalam matrik Al. Hasil pengujian microhardness didapatkan angka kekerasan yang lebih tinggi yakni sebesar 250 HV pada fasa yang mengandung unsur Ca dan Mg yang intensitasnya lebih tinggi dibanding pada fasa yang tidak mengandung Ca dan intensitas Mg yang lebih rendah yakni sebesar 111 HV.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: stir casting, magnesium, skin powder of seashell, SEM and edx, microhardness
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 13:30
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item