Logo

Model komunikasi proses belajar mengajar antara guru dengan siswa penyandang tunagrahita (studi kasus di Sekolah Luar Biasa C1 AKW "Kumara I" Surabaya)

Widyamurti, Indah (2007) Model komunikasi proses belajar mengajar antara guru dengan siswa penyandang tunagrahita (studi kasus di Sekolah Luar Biasa C1 AKW "Kumara I" Surabaya). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyandang tunagrahita adalah orang yang mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata. Penyandang tunagrahita mempunyai kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Guru dapat berkomunikasi dengan siswa penyandang tunagrahita, meskipun terdapat banyak gangguan dalam proses komunikasinya. Penelitian kualitatif dengan pengamatan, wawancara dan studi kepustakaan ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa C1 AKW "Kumara I" Surabaya. Dari penelitian ini ditemukan bahwa setiap siswa penyandang tunagrahita mempunyai tingkat intelektual dan kemampuan komunikasi yang berbeda-beda yang menjadi gangguan komunikasi. Dalam model komunikasi antara guru dengan siswa penyandang tunagrahita, semakin besar gangguan komunikasi sewaktu guru menyampaikan pesan kepada siswanya, maka pesan akan ditolak oleh siswanya, sehingga guru harus melakukan pengulangan pesan kepada siswanya. Begitu pula dengan umpan balik yang disampaikan oleh siswa kepada guru, semakin besar gangguan komunikasi yang terjadi, maka guru tidak dapat memahami pesan yang disampaikan oleh siswanya. Besarnya kesamaan bidang pengalaman dan kerangka acuan seorang guru dengan siswanya, berperan penting dalam berkomunikasi dengan siswa-siswanya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: communication model, educative process, mentally retarded student
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 13:10
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/10896

Actions (login required)

View Item