Logo

Komparasi country branding dalam TVC country tourism campaign negara Singapora-Malaysia-Indonesia 2004 - 2008: sebuah kajian semiotika

Sumali, Melisa (2008) Komparasi country branding dalam TVC country tourism campaign negara Singapora-Malaysia-Indonesia 2004 - 2008: sebuah kajian semiotika. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pariwisata adalah sebuah sektor yang penting dalam sebuah negara, terutama dalam meningkatkan perekonomian negara, munculnya sebuah istilah "country branding" memberikan sebuah dorongan kuat bagi negara-negara untuk berlomba-lomba menciptakan sebuah "merk" bagi negara mereka, yang pada umumnya "merk" ini nantinya dikomunikasikan kepada mata dunia, salah satunya melalui TVC country tourism campaign (iklan kampanye pariwisata). Tujuan penelitian ilmiah ini adalah mendeskripsikan persamaan dan perbedaan karakter TVC country tourism campaign pada country branding antara negara Singapura, Malaysia dan Indonesia. Obyek yang diteliti adalah TVC-TVC country tourism campaign Singapura-Malaysia-Indonesia dalam kurun waktu 2004-2008, metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kajian semiotika. Dari hasil penelitian didapatkan beberapa simpulan sebagai berikut (a) Deskripsi tanda dan makna yang membentuk teks TVC country branding negara Singapura, Malaysia dan Indonesia (interpretasi teks) (b) Deskripsi hubungan country branding pada TVC country tourism campaign negara Singapura, Malaysia dan Indonesia (c) Deskripsi komunikasi TVC country tourism campaign pada country branding negara Singapura, Malaysia dan Indonesia (d) Deskripsi persamaan dan perbedaan karakter TVC country tourism campaign pada country branding antar negara Singapura, Malaysia dan Indonesia. Dari penelitian ini diberikan beberapa saran yaitu dalam meneliti kajian Semiotika dalam TVC dibutuhkan waktu yang lama untuk meneliti TVC secara keseluruhan, sebaiknya penelitian menggunakan metode yang sederhana sehingga

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: visual communication, media, television commercial, country branding, destination branding, semiotics, comparation
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 19:19
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item