Logo

Pengaruh penerapan tax planning atas pajak pertambahan nilai terutang yang lebih bayar untuk menghindari pemeriksaan pajak dalam satu masa pajak pada PT "X" di Surabaya

Ariyanto, Sonny Wahyu (2007) Pengaruh penerapan tax planning atas pajak pertambahan nilai terutang yang lebih bayar untuk menghindari pemeriksaan pajak dalam satu masa pajak pada PT "X" di Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang cukup besar. Dalam sistem perpajakan kita diterapkan sistem Self Assessment yaitu Wajib Pajak diberikan hak dan kewajiban untuk menhitung, menyetor dan melaporkan sendiri pajaknya. Oleh karena itu sering terjadi "kesalahan" dalam penerapannya karena ketidaktahuan peraturan. Oleh karena itu sering terjadi pemeriksaan pajak oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Hal ini yang kurang disukai wajib pajak. Untuk mengurangi resiko pemeriksaan maka muncul teori Tax Planning. Pada study kasus di PT "X" terjadi jumlah PPN Lebih Bayar cukup besar yang dapat menimbulkan resiko pemeriksaan oleh KPP. Sehingga perlu penerapan Tax Planning di PT "X" ini. Setelah dilakukan Tax Planning atas PPN yang lebih bayar diperoleh hasil bahwa jumlah PPN Lebih Bayarnya menjadi semakin kecil sehingga menggurangi resiko pemeriksaan pajak oleh KPP.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: valua added tax, tax planning, tax inspection
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 11:21
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11231

Actions (login required)

View Item