Logo

Perhitungan NJOP perkebunan "X" di Blitar sebagai dasar pengenaan pajak bumi dan bangunan

Indriani, Lany (2005) Perhitungan NJOP perkebunan "X" di Blitar sebagai dasar pengenaan pajak bumi dan bangunan. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkebunan kopi dan tebu merupakan salah satu objek yang dikenakan Pajak Bumi dan Bangunan. Untuk menghitung Pajak Bumi dan Bangunan, terlebih dahulu harus diketahui Nilai Jual Objek Pajaknya (NJOP). Penghitungan NJOP atas tanah dalam Perkebunan mempunyai cara yang berbeda dengan objek pajak lain, yaitu dengan menambahkan Standar Investasi Tanaman sebagai komponen nilai jual tanah, sedangkan nilai jual bangunan dihitung dengan cara yang sama dengan objek pajak bangunan yang lain. Selain untuk mengetahui perhitungan NJOP dan PBB terhutang, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana prosedur pendaftaran objek pajak sampai dengan pembayaran PBB terhutang, serta untuk mengetahui bagaimana PBB terhutang tersebut dibebankan dalam Laporan Laba Rugi Fiskal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendaftaran objek pajak, perusahaan menyalahi ketentuan yang berlaku, sehingga diberi sanksi administrasi. PBB terhutang ini dapat dibebankan sebagai biaya dalam Laporan Laba Rugi Fiskal, sedangkan sanksi administrasi yang dikenakan tidak boleh dibebankan sebagai biaya dalam Laporan Laba Rugi Fiskal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: plantation, property tax, sales value of tax object, the standard of plant investment, procedures of registration until the payment, the burden of property tax payable in the income statement fiscal
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 11:14
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item