Logo

Faktor penyebab kecelakaan jatuh pada proyek konstruksi di Surabaya

Sanjaya, Hendy and Siaoman, Benny (2007) Faktor penyebab kecelakaan jatuh pada proyek konstruksi di Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembangunan pada bidang konstruksi memang tidak pernah lepas dari masalah keselamatan kerja. Dari beberapa referensi, baik dari dalam maupun luar negeri, kecelakaan jatuh merupakan kecelakaan yang memiliki frekuensi terbesar pada proyek konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan frekuensi faktor penyebab kecelakaan jatuh pada proyek konstruksi di Surabaya serta mengetahui program keselamatan kerja yang dilakukan oleh kontraktor di Surabaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan jatuh pada proyek konstruksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang ditujukan kepada para staf dan pekerja pada beberapa perusahaan kontraktor di Surabaya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor penyebab kecelakaan jatuh yang paling berpengaruh menurut staf berasal dari kesalahan pekerja (unsafe acts), sedangkan faktor penyebab kecelakaan jatuh yang paling berpengaruh menurut pekerja berasal dari faktor manajemen. Faktor penyebab kecelakaan jatuh yang paling sering muncul menurut staf dan pekerja berasal dari kondisi pekerja. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan jatuh, beberapa kontraktor melaksanakan program keselamatan kerja. Program keselamatan kerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan jatuh yang paling banyak dilakukan oleh kontraktor adalah dengan memasang pagar pembatas (guardrail).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: falling accident, unsafe acts, workers conditions, guardrail, safety program, construction project
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 11:12
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item