Logo

Simulasi antrian sistem penanganan di lapangan penumpukan peti kemas

Lukito, Fenny and Hendrasetia, Yoseph Andika (2007) Simulasi antrian sistem penanganan di lapangan penumpukan peti kemas. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk memperoleh sistem transportasi laut yang efektif dan efisien diperlukan adanya pengemasan barang sebelum pendistribusian. Pengemasan barang secara modern yang banyak digunakan pada saat ini yaitu dengan menggunakan peti kemas. Seiring dengan perkembangan industri, arus barang dengan peti kemas juga akan meningkat dengan pesat. Sehingga dibutuhkan proses penanganan peti kemas yang baik yang memerlukan suatu model sistem distribusi antrian untuk dapat memanfaatkan lapangan penumpukan peti kemas dan alat-alat penanganan peti kemas secara optimal. Alat-alat penanganan peti kemas yang digunakan adalah Container- Crane, Tractor-Trailer, dan Rubber-Tyred Gantry-Crane. Pemodelan menggunakan Microsoft Excel 2003 pada suatu lapangan penumpukan peti kemas yang direncanakan memiliki 2.838 ground slots terhadap alat-alat penanganan peti kemas tersebut. Dari hasil pemodelan, diperoleh jumlah alat yang dibutuhkan pada tahun 2010 dan 2015 sebanyak 6 unit Container-Crane, 15 unit Rubber-Tyred Gantry- Crane, dan 12 unit Tractor-Trailer. Dan waktu kerja total yang dibutuhkan pelabuhan untuk melakukan proses bongkar dan muat peti kemas pada arus puncak adalah selama 2 shift x 8 jam pada tahun 2010 serta 3 shift x 8 jam pada tahun 2015.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: container, container yard, queuing distribution, container crane, rubber tyred gantry crane, tractor trailer
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 10:30
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11313

Actions (login required)

View Item