Logo

Perbandingan perencanaan komponen struktur tekan berdasarkan PKKI 1961 NI-5 dan SNI tata cara Perencanaan Konstruksi Kayu Indonesia

Budiman, Andre and Chandra, Charel Ade (2007) Perbandingan perencanaan komponen struktur tekan berdasarkan PKKI 1961 NI-5 dan SNI tata cara Perencanaan Konstruksi Kayu Indonesia. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan struktur kayu di Indonesia lebih lambat dan tertinggal apabila dibandingkan dengan perkembangan struktur baja dan beton. Hal ini dapat disebabkan kurangnya penelitian-penelitian untuk mendapatkan cara perhitungan kayu baru yang dimaksudkan untuk menghemat pemakaian. Untuk itu dibuat studi banding mengenai perencanaan komponen struktur berdasarkan PKKI 1961 NI-5 dan SNI Tata Cara Perencanaan Konstruksi Kayu Indonesia. Mengingat keterbatasan waktu, studi ini dibatasi hanya untuk perencanaan komponen struktur tekan saja. Studi banding diawali dengan studi literatur pada PKKI 1961 NI-5 dan SNI Tata Cara Perencanaan Konstruksi Kayu Indonesia. Kemudian hasil studi literatur tersebut dipelajari untuk mendapatkan perbedaan dan perubahan dari kedua peraturan tersebut. Selanjutnya dilakukan analisa perencanaan komponen struktur tekan untuk diambil kesimpulan. Pada studi ini juga dilakukan aplikasi komponen struktur hasil perencanaan berdasarkan SNI Tata Cara Perencanaan Konstruksi Kayu Indonesia. Perbedaaan pokok perencanaan komponen struktur tekan berdasarkan PKKI 1961 NI-5 dan SNI Tata Cara Perencanaan Konstruksi Kayu Indonesia adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan tersebut. Hal ini menyebabkan perencanaan komponen struktur tekan berdasarkan SNI Tata Cara Perencanaan Konstruksi Kayu Indonesia dapat menghasilkan perhitungan yang lebih teliti dan komponen struktur yang lebih ekonomis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: timber, compression, comparison
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 10:18
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item