Logo

Evaluasi modal pushover analysis pada sistem rangka penahan momen beton bertulang first mode dominant

Wibowo, Hartanto and Hadiwijaya, Irma Juwitasari (2007) Evaluasi modal pushover analysis pada sistem rangka penahan momen beton bertulang first mode dominant. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modal Pushover Analysis (MPA) merupakan salah satu metode analisis statis nonlinier yang memperhitungkan pengaruh mode yang lebih tinggi ke dalam analisisnya. Metode ini telah diterima dalam ATC-55 dan terbukti baik untuk struktur yang memiliki higher mode dominant. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keuniversalan dan keefektivitasan MPA khususnya pada sistem rangka penahan momen beton bertulang first mode dominant yang didesain sesuai SNI 03-1726-2002 dan SNI 03-2847-2002. Respons struktur yang berupa simpangan tingkat, rasio simpangan antarlantai, gaya geser, dan momen akan dibandingkan dengan respons hasil analisis riwayat waktu nonlinier (Nonlinear Time History Analysis, NL-THA) dan juga Capacity Spectrum Method (CSM). Dengan demikian dapat diketahui seberapa besar efektivitas MPA dibandingkan dengan CSM yang selama ini banyak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPA dengan satu ?mode? saja telah mampu memprediksi simpangan tingkat dan rasio simpangan antarlantai yang lebih mendekati NL-THA dibandingkan dengan CSM. Penambahan ?mode? yang lebih tinggi tidak memberikan efek yang signifikan. Sedangkan untuk gaya geser dan momen, seperti halnya CSM, MPA kurang dapat memberikan estimasi yang baik akibat penggunaan kombinasi respons maksimum tiap ?mode? dengan aturan Square-Root-of-Sum-of-Squares (SRSS). Secara umum, MPA dapat dipergunakan pada struktur first mode dominant untuk mengestimasi simpangannya, konservatif terhadap NL-THA, dan lebih eksplisit dalam memperhitungkan efek inelastis struktur dibanding CSM. Di samping semua keunggulan MPA dibanding CSM, aplikasinya dianggap lebih rumit daripada CSM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: nonlinear time history analysis, modal pushover analysis, capacity spectrum method, mode, first mode dominant, universality, effectiveness, square root of sum of squares
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 03 May 2011 15:12
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11371

Actions (login required)

View Item