Logo

Keefektifan tipografi dan layout majalah berpaham dekonstruksi

Kurniawati, Henny (2004) Keefektifan tipografi dan layout majalah berpaham dekonstruksi. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media merupakan alat penyampaian pesan kepada masyarakat, baik itu secara visual maupun secara verbal. Salah satu media cetak yang umum dan dikenal secara luas oleh masyarakat ialah majalah. Dalam penyampaian pesan, majalah harus bersifat informatif dan mudah dibaca (form follow function). Dalam kenyataannya, sekarang banyak dijumpai jenis-jenis majalah yang mempunyai layout dan tipografi yang berpaham dekonstruksi. Majalah-majalah seperti ini memiliki ciri-ciri tipografi dan layout yang tidak terstruktur, serta mempunyai warna yang tidak konsisten. Ketidakberaturan itu akan membuat pesan majalah lebih sukar dibaca dan dimengerti. Dengan tipografi dan layout seperti itu penyampaian pesan dan informasinya terkadang kurang dapat diterima dengan jelas. Tulisan ini membahas mengenai tipografi, dan layout majalah yang berpaham dekonstruksi, dan juga sejauh mana majalah itu sendiri mampu menyampaikan pesan dengan optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipografi dan layout majalah berpaham dekonstruksi kurang efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: commercial art, graphic design, typography, magazine, visual communication, deconstruction, layout
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:57
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/11438

Actions (login required)

View Item