Logo

Analisis semiotik visualisasi karakter penokohan dalam iklan produk untuk anak-anak di media cetak

Kurniadi, Yusak (2004) Analisis semiotik visualisasi karakter penokohan dalam iklan produk untuk anak-anak di media cetak. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklan merupakan salah satu cara atau sarana yang dipakai oleh produsen untuk pemasaran produknya kepada masyarakat luas agar masyarakat mengetahui keberadaan produk yang ingin diperkenalkan, atau membentuk image suatu produk. Salah satu media yang efektif untuk beriklan adalah media cetak, dan salah satu elemen yang penting dalam iklan tersebut adalah tokoh/model iklan. Tokoh dalam iklan dibuat sedemikian rupa agar menarik dan sesuai dengan produk maupun target audiens. Penelitian ini mendeskripsikan makna dari visualisasi penokohan yang ada pada iklan produk untuk anak-anak di media cetak. Dengan tujuan untuk mengetahui makna/arti yang terkandung di balik penampilan dan tanda-tanda yang ada di dalamnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis teks. Dari hasil analisis tokoh iklan produk untuk anak-anak di media cetak, dapat diketahui bahwa mayoritas tokoh berbentuk manusia kartun baik 2D/3D, dengan karakter tokoh anak-anak yang smart, hebat, dan ceria, dan makna yang terkandung didalam tokoh tersebut mencerminkan kemampuan/keunggulan, khasiat dan sensasi dari produk yang diiklankan. Iklan yang ditampilkan cenderung menampilkan unsur sensasi, imajinatif, serta tokoh yang berpenampilan moderen, mempunyai wajah khas Indonesia dan tidak berorientasi pada tokoh laki-laki atau perempuan saja, melainkan keduanya. Disarankan adanya penelitian lebih lanjut terhadap visualisasi dan keterkaitan dengan komponen lain yang mempunyai pengaruh terhadap fenomena yang telah diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: advertising, commercial art, graphic design, visual communication, management, kids products, print ads
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:55
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11441

Actions (login required)

View Item