Logo

Analisis strategi pemasaran Restoran Kayu Enam di Surabaya dalam mencapai target penjualan

Listyawan, Irwanto and Prastyo, Fenny Juliana (2001) Analisis strategi pemasaran Restoran Kayu Enam di Surabaya dalam mencapai target penjualan. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melihat persaingan bisnis makanan yang semakin marak dewasa ini dengan munculnya banyak restoran makanan asing, maka pelaku bisnis makanan khas atau tradisional harus dapat mempertahankan eksistensi produknya, antara lain dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Hal ini dilakukan juga oleh Restoran Kayu Enam di Surabaya yang menyajikan makanan khas NTB (Lombok), dalam hal ini restoran menetapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari 4 P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Saluran Distribusi), dan Promotion (Promosi). Dalam penulisan skripsi ini penulis menganalisis strategi pemasaran Restoran Kayu Enam dalam mencapai target penjualan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, yang digunakan untuk menentukan kekuatan perusahaan dibanding dengan persaingan dan untuk mengidentifikasi bidang-bidang dimana perusahaan mungkin akan mengalami ancaman, demikian juga dimana perusahaan mempunyai keunggulan nyata. Akan tetapi di dalam penulisan skripsi ini penulis hanya akan menganalisis kekuatan dan kelemahan dari Restoran Kayu Enam, yang bertujuan untuk mendapatkan tolok ukur yang sama dengan evaluasi persepsi konsumen tentang kekuatan dan kelemahan strategi pemasaran yang dimiliki oleh Restoran Kayu Enam, dan bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh strategi pemasaran terhadap pendapatan Restoran Kayu Enam. Hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa ternyata target pendapatan yang ditetapkan oleh restoran tidak menjadi penyebab utama tidak tercapainya target penjualan. Hal ini dikuatkan dengan kenyataan bahwa setelah dilakukan penghitungan dengan analisis trend linear, bahwa target pendapatan yang seharusnya ditetapkan oleh perusahaan tidak terlalu jauh beda dengan target yang selama ini telah ditetapkan oleh restoran, akan tetapi tidak tercapainya target penjualan restoran lebih dikarenakan strategi pemasaran yang dilakukan Restoran Kayu Enam belum tepat, khususnya strategi promosi, dimana selama ini Restoran Kayu Enam masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut (Words ofMouth), dan masih terbatasnya media promosi yang digunakan oleh restoran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Restoran Kayu Enam harus mengubah strategi promosi yang mereka lakukan untuk dapat mencapai target penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: marketing management, restaurant
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 12:19
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11468

Actions (login required)

View Item