Logo

Perencanaan dan pembuatan perangkat lunak text to speech dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan metode syllable concatenation

Wijaya, Wong Lucky (2005) Perencanaan dan pembuatan perangkat lunak text to speech dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan metode syllable concatenation. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan dunia teknologi semakin pesat dan ditujukan untuk membantu kehidupan manusia. Perangkat lunak text-to-speech merupakan salah satu di antaranya, yang bertujuan untuk mengubah teks menjadi suara pengucapannya. Perangkat lunak ini dibuat dengan menggunakan metode Syllable Concatenation, yang pada dasarnya memainkan dan menggabungkan beberapa file suara dari suku kata-suku kata yang ditemukan di dalam input teks dan menggunakan bahasa pemrograman C++, dengan kompiler Microsoft Visual C++ 6.0?. Selain perangkat lunak utama tersebut, juga dibuat beberapa perangkat lunak penunjang seperti: perangkat lunak perekaman suku kata, pengaturan singkatan, akronim dan diftong, dan pengaturan suku kata. Perangkat lunak ini dapat dimanfaatkan untuk membantu mereka yang ingin belajar pengucapan kata dalam bahasa Indonesia dan Inggris serta berbagai tujuan lainnya. Perangkat lunak ini diujikan terhadap beberapa variasi input teks. Dan hasil pengujian menunjukkan bahwa proses normalisasi, pemenggalan kata dan penghasilan suara yang dilakukan sudah cukup baik. Kualitas suara yang dihasilkan oleh perangkat lunak utama ini bergantung pada kualitas suara masing-masing suku kata yang direkam sebelumnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: syllable concatenation, text to speech software in indonesian and english languages
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:36
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11607

Actions (login required)

View Item