Logo

Perancangan dan penerapan question-answering system pada Alkitab digital berbahasa Indonesia dengan menggunakan natural language processing

August, Stella (2006) Perancangan dan penerapan question-answering system pada Alkitab digital berbahasa Indonesia dengan menggunakan natural language processing. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kehidupan umat kristiani, terkadang muncul pertanyaan mengenai Alkitab dan umat mengalami kesulitan untuk mencari jawaban secara cepat dan tepat, sehingga menghambat umat untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Karena itu, dibutuhkan suatu perangkat lunak yang dapat membantu umat kristiani untuk mencari informasi yang dibutuhkan mengenai Alkitab. Perangkat lunak yang dibuat dalam Tugas Akhir ini merupakan salah satu bentuk Question-Answering System yang khusus dibuat untuk Alkitab digital berbahasa Indonesia. Algoritma perangkat lunak ini terdiri dari tiga proses, yaitu proses pembuatan pattern pertanyaan, proses pencarian kandidat jawaban, dan proses pembuatan pattern kandidat jawaban. Perangkat lunak ini didesain untuk menjawab pertanyaan seputar nama orang, lokasi, dan waktu. Perangkat lunak ini menampilkan ayat-ayat sebagai jawaban atas pertanyaan yang menjadi input. Perangkat lunak ini dibuat dengan mengambil sebagian besar metode Surface Text Patterns dan menggunakan Borland Delphi 7.0 dan Microsoft Access 2003. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat lunak dapat berjalan dengan baik hanya bila pattern pertanyaan dan jawaban sudah ada. Dari pengujian terhadap 15 pertanyaan yang berbeda, diketahui bahwa waktu proses bervariasi bergantung pada banyaknya pattern dan kandidat jawaban yang harus dianalisa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: question-answering system, natural language processing, surface text patterns
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 09:15
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item