Logo

Perancangan dan pembuatan sistem informasi akuntansi pembelian dan penjualan untuk cabang dan pusat pada CV Kartika Kencana Multimedia

Handoko, Martinus (2007) Perancangan dan pembuatan sistem informasi akuntansi pembelian dan penjualan untuk cabang dan pusat pada CV Kartika Kencana Multimedia. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

CV Kartika Kencana Multimedia adalah sebuah toko yang bergerak dalam usaha dagang perlengkapan komputer. Sistem pembelian, penjualan dan akuntansi yang ada saat ini masih dilakukan secara manual. Agar lebih efisien dan terkontrol dibutuhkan suatu sistem baru yang terkomputerisasi dan terintegrasi antara pusat dan cabang yang dimiliki, agar dapat menghasilkan informasi secara tepat dan akurat. Untuk perancangan desain sistem yang baru menggunakan System Flowchart dan untuk menggambarkan aliran datanya menggunakan Data Flow Diagram. Sedangkan untuk membuat desain struktur tabel dan relasi antar tabel menggunakan Entity Relationship Diagram. Database dibuat dengan menggunakan SQL Server 2000. Aplikasi dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0. Program yang dibuat meliputi sistem pembelian, sistem penjualan (pusat dan cabang), dan akuntansi. Dari hasil pengujian terhadap program, menunjukkan bahwa program ini dapat memproses data akuntansi yang berhubungan dengan transaksi pembelian dan transaksi penjualan secara otomatis. Program ini juga menghasilkan informasi berupa laporan manajerial (laporan pembelian, penjualan, retur, hutang dan piutang ) dan laporan keuangan (laba rugi usaha, laba rugi per cabang, ekuitas pemilik dan neraca) yang akurat. Pengujian yang telah dilakukan terhadap pemilik dan bagian keuangan menunjukkan, interface dan program sebesar 83,33% dan untuk hasil perhitungan akuntansi sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: purchasing system, selling system, accounting information system
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 09:13
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item