Logo

Perancangan dan pembuatan sistem aplikasi penilaian efisiensi jurusan-Jurusan di Fakultas X menggunakan data envelopment analysis

Tansil, Effendy (2007) Perancangan dan pembuatan sistem aplikasi penilaian efisiensi jurusan-Jurusan di Fakultas X menggunakan data envelopment analysis. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian terhadap efisiensi dari jurusan dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan terhadap keperluan pengembangan jurusan. Pihak jurusan nantinya akan memiliki acuan berdasarkan penilaian tersebut akan apa yang harus diprioritaskan untuk meningkatkan efisiensinya. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini dirancang dan dibuat sebuah sistem aplikasi sebagai alat bantu untuk menghitung efisiensi jurusan-jurusan yang ada di Fakultas X dimana dalam perhitungannya akan digunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Aplikasi ini dirancang untuk melakukan pencatatan kriteria dan nilai dari kriteria tersebut, melakukan penghitungan efisiensi dan menampilkan hasil perhitungan berupa nilai efisiensi, bobot serta nilai target yang mempermudah user dalam mengukur efisiensi menggunakan DEA. Dari hasil hasil kuisioner didapatkan bahwa persentase dari segi tampilan dan kemudahan program sebesar 77.77%, dari segi kecepatan program sebesar 83.33% dan dari segi kelayakan program sebesar 56.25% sehingga dapat disimpulkan sistem ini cukup layak untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: data envelopment analysis, efficiency, criteria, weights, target
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 09:00
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11942

Actions (login required)

View Item