Logo

Analisis hubungan dan komparasi penggunaan jasa model perempuan dan latar dekoratif produk terhadap citra perempuan dalam media periklanan (sebuah kajian studi iklan televisi pada produk perawatan kulit merek Vaseline Aloe & Vitamins di Universitas Kristen Petra, Universitas Surabaya, dan Universitas Katolik Widya Mandala)

Windyaningrum, Rr Ari and Rahmawati, Sofia (2002) Analisis hubungan dan komparasi penggunaan jasa model perempuan dan latar dekoratif produk terhadap citra perempuan dalam media periklanan (sebuah kajian studi iklan televisi pada produk perawatan kulit merek Vaseline Aloe & Vitamins di Universitas Kristen Petra, Universitas Surabaya, dan Universitas Katolik Widya Mandala). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak mengudaranya RCTI sebagai stasiun televisi swasta pertama di Indonesia masyarakat Indonesia kembali dibiasakan melihat iklan disela-sela tayangan acara. Iklan televisi pun makin bertambah baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Namun seiring dengan berhembusnya angin kebebasan pers, makin banyak iklan yang memanfaatkan jasa model perempuan bahkan mengeksploitasi tubuh atau merendahkan gender tertentu. Skripsi ini merupakan studi kasus pada iklan lotion Vaseline Aloe and Vitamins yang menggunakan beberapa model perernpuan, dan difokuskan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Kristen Petra (UKP), Llniversias Surabaya (Ubaya) dan Universitas Katolik Widya Mandala (UWM). Porsi sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan mengambil minimal 10% populasi setelah mengumpulkan data dari masing-masing BAKA perguruan tinggi yang bersangkutan. Data diolah dengan analisis regresi linier berganda dan memakai alat bantu perangkat lunak SPSS For Windows 10.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ternyata responden dari 3 PTS mendambakan model yang mempunyai wajah cantik, kulit halus dan badan seksi. Selain model yang sigap membantu konsumen untuk mengetahui keberadaan produk yang diiklankan serta mempunyai kredibilitas atau prestasi yang baik. Responden juga mulai sadar akan pentingnya latar dekoratif produk (warna, bentuk dan penampilan) pada tayangan iklan dan produk yang diiklankan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: female, image, advertising, model
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 19 Apr 2011 13:32
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item