Logo

Pengaruh pengaturan jadwal kuliah dan asrama mahasiswa terhadap distribusi kepadatan lalu-lintas di sekitar Universitas Kristen Petra

Hartono, Diana and Wijaya, Albert (2004) Pengaruh pengaturan jadwal kuliah dan asrama mahasiswa terhadap distribusi kepadatan lalu-lintas di sekitar Universitas Kristen Petra. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eksistensi sebuah kampus memicu perkembangan masyarakat di sekitarnya seperti halnya dengan Universitas Kristen Petra (UK. Petra) di Siwalankerto, Surabaya. Salah satunya adalah meningkatnya kepadatan lalu-lintas. Namun meningkatnya kepadatan arus lalu-lintas di daerah Siwalankerto hanya terjadi di saat-saat tertentu saja, sehingga diduga penyebabnya adalah pengaturan jadwal kuliah yang kurang memperhatikan dampaknya terhadap kondisi lalu-lintas. Dalam penelitian ini, data-data yang diperoleh berupa data hasil kuesioner dan survei lalu-lintas. Selanjutnya data dari hasil kuesioner dan survey akan diolah dengan pivot table pada program Microsoft Excel. Pada penelitian ini diusulkan untuk mendirikan asrama agar mengurangi jumlah kendaraan yang digunakan mahasiswa dan mengadakan sistem paket yang ditunjang dengan semester pendek agar dapat mengendalikan jumlah mahasiswa yang kuliah tiap harinya sehingga dapat terdistribusi dengan merata dan tidak menumpuk pada saat-saat tertentu saja. Simulasi pengurangan jumlah kendaraan karena adanya asrama menunjukkan bahwa arus lalu-lintas yang keluar masuk dari UK. Petra berkurang sebesar 46 % dan arus lalu-lintas total berkurang 14.1%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: traffic volume distribution, academic activity scheduling
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 08:47
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item