Logo

Penerapan kode etik jurnalis televisi Indonesia pada program berita di televisi (analisis isi tayangan berita kriminil "Patroli di Indosiar")

Budiono, Shelley (2006) Penerapan kode etik jurnalis televisi Indonesia pada program berita di televisi (analisis isi tayangan berita kriminil "Patroli di Indosiar"). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berita mengenai kejahatan dan kriminal merupakan berita yang banyak diminati, karena berita-berita tersebut berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan naluri manusia yang mendasar. Dalam menayangkan berita semacam ini diperlukan etika, yaitu moral standar agar tidak menimbulkan permasalahan etis. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk membahas tentang penerapan Kode Etik Jurnalis Televisi Indonesia pada tayangan berita kriminal ?Patroli?. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan metode analisis isi kuantitatif. Dalam penelitian ini, digunakan beberapa indikator, yakni isi pemberitaan, netralitas berita, azas praduga tak bersalah, identitas korban dan tersangka serta hak sumber berita. Dari hasil penelitian terhadap tayangan ?Patroli? selama bulan Maret hingga Mei 2006, diketahui bahwa tayangan ?Patroli? menerapkan Kode Etik Jurnalis Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: application, ethic code, crime news
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 08:35
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/12168

Actions (login required)

View Item