Logo

Pengaruh faktor-faktor agency costs terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sektor food and beverage go publik di Bursa Efek Jakarta

Kusumah, Iwan Tirta Hadi (2007) Pengaruh faktor-faktor agency costs terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sektor food and beverage go publik di Bursa Efek Jakarta. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai konflik kepentingan dalam perusahaan baik antara manajer dengan pemegang saham, manajer dengan debitur atau antara pemegang saham, kreditur dan manajer disebabkan adanya hubungan keagenan atau agency relationship. Hubungan keagenan merupakan suatu kontrak dimana satu atau lebih orang memerintah orang lain untuk melakukan suatu jasa atas nama prinsipal serta memberi wewenang kepada agen untuk membuat keputusan tentunya yang terbaik bagi prinsipalnya. Penelitian ini menggunakan data sekunder perusahaan Food and Beverage berdasarkan JSX Monthly Statistics periode 2001 - 2004, dengan menggunakan regresi berganda. Kesimpulan yang didapat adalah Faktor Agency Cost yang meliputi : Insider ownership, Dispersion of ownership, Free Cash Flow, Collaterizable assets dan Asset Turnover secara serempak tidak berpengaruh terhadap Dividend Pay-out Ratio (DPR). Hanya vaiabel Free Cash Flow yang secara parsial berpengaruh terhadap Dividend pay-out ratio.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: insider ownership, dispersion of ownership, free cash flow, collaterizable assets, asset turnover dividend pay out ratio
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 11:51
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12246

Actions (login required)

View Item