Logo

Perancangan komunikasi visual iklan layanan masyarakat gerakan anti GOLPUT PEMILU 2004 di kalangan masyarakat kampus

Tanudjojo, Erwin (2004) Perancangan komunikasi visual iklan layanan masyarakat gerakan anti GOLPUT PEMILU 2004 di kalangan masyarakat kampus. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan Pemilu 2004 di Indonesia mempunyai arti yang berbeda dalam proses pelaksanaan demokrasi di Indonesia, karena ini adalah Pemilu pertama kali yang menggunakan sistem pemilihan langsung, dimana masyarakat dapat memilih secara langsung perwakilan mereka di pemerintahan serta memilih langsung calon presiden dan wakil presiden. Tentunya Pemilu 2004 ini diharapkan sukses baik secara penyelenggaraan maupun hasil yang nanti akan didapat. Namun, ada beberapa kendala yang terjadi yaitu adanya tindakan Golput Pilihan Golput dipengaruhi oleh trauma masa lalu serta adanya salah persepsi dalam mengartikan ?hak pilih?, padahal sebagai seorang warga negara yang baik, hak pilih juga harus diimbangi dengan tanggung jawab. Oleh karena itu, dalam perancangannya ibuatlah sebuah iklan layanan masyarakat yang mengajak masyarakat kampus, sebagai salah satu elemen masyarakat yang paling vokal, untuk menghindari Golput dengan mengingatkan akibat-akibat negatif Golput serta mengingatkan tanggung jawab yang ada pada mereka. Dalam desain yang dibuat, menggunakan dasar pemikiran analogi sehingga pesan yang disampaikan tidak diartikan sebagai perintah namun terkesan lebih lembut, sehingga dapat diterima dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: commercial, advertising, graphic design, communication, visual design, general election, academic society, responsibility, analogy
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 08:21
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item