Logo

Penggunaan model regresi dalam Sales Comparison Approach untuk menentukan range nilai properti di Pakuwon Indah, Graha Family, dan Citraraya (studi kasus di Era Tjandra II)

Hardjo, Muliadi and Dinoto, Fransisca Fitriyanti (2002) Penggunaan model regresi dalam Sales Comparison Approach untuk menentukan range nilai properti di Pakuwon Indah, Graha Family, dan Citraraya (studi kasus di Era Tjandra II). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia memiliki banyak kebutuhan untuk mempertahankan kehidupannya. Salah satunya adalah kebutuhan akan tempat tinggal. Seiiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan peningkatan kemakmuran masyarakat, maka semakin meningkat pula kebutuhan akan tempat tinggal. Oleh karena itu, lahan yang dibutuhkan juga semakin luas. Hal ini yang mengakibatkan suatu lahan memiliki nilai dan harga. Harga tanah di suatu kawasan yang sama bisa berbeda-beda, hal ini dikarenakan karakteristik dari tanah itu yaitu faktor eksternal tanah serta faktorfaktor kondisi ekonomi, politik dan sosial. Untuk menilai suatu tanah ada beberapa pendekatan, diantaranya adalah metode sales comparison approach yaitu dengan membandingkan kondisi properti yang hendak dinilai dengan properti sejenis sebagai data pembanding. Metode ini memiliki unsur subyektifitas yang tinggi karena pemberian nilai berdasarkan atas pengamatan masing-masing penilai. Di banyak negara khususnya di Amerika maupun negara-negara Eropa lainnya, penilaian umumnya sudah menggunakan model regresi yang lebih obyektif. Dengan melakukan studi analisa harga tanah menggunakan model rergresi dalam sales comparison approach, maka diharapkan dapat menemukan suatu range harga properti di PAKUWON INDAH, GRAHA FAMILY dan CITRARAYA yang lebih obyektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: real property, prices, sales comparison approach
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 03 May 2011 12:54
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/12305

Actions (login required)

View Item