Logo

Analisis perbandingan efisiensi menggunakan marketing internal dan jasa broker untuk penjualan properti pada pasar primer di Surabaya (studi kasus developer Dian Permana, Sinar Griyo Mapan, Surya Karsa Utama, dan Pakuwon Jati)

Kurniawan, Candra and Handoyo, Bobby (2007) Analisis perbandingan efisiensi menggunakan marketing internal dan jasa broker untuk penjualan properti pada pasar primer di Surabaya (studi kasus developer Dian Permana, Sinar Griyo Mapan, Surya Karsa Utama, dan Pakuwon Jati). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan properti oleh developer tentunya tidak hanya berhenti sampai tahap pengembangan, tetapi sampai tahap memasarkan dalam penjualan properti untuk mendapatkan keuntungan. Developer dalam memasarkan propertinya menggunakan marketing intenal atau broker. Penelitian difokuskan pada 4 (empat) developer di Surabaya yang menggunakan kedua jenis pemasaran tersebut untuk mengetahui perbandingan efisiensi penggunaan marketing internal dibandingkan broker. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah penjualan, waktu dan biaya. Efisiensi adalah perbandingan output yaitu penjualan terhadap input yaitu waktu dan biaya. Uji yang digunakan uji paired sample t test. Hasilnya menunjukkan bahwa dalam marketing internal lebih efisien untuk Dian Permana dan Pakuwon Jati sedangkan broker untuk Sinar Griyo Mapan dan Surya Karsa Utama.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: marketing internal, broker, efficiency
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 19 Apr 2011 10:34
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12515

Actions (login required)

View Item