Logo

Mesin presensi mahasiswa berteknologi RFID dan embedded internet

Tandrayuana, Harianto (2005) Mesin presensi mahasiswa berteknologi RFID dan embedded internet. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem presensi selalu dilakukan di tiap jam perkuliahan, sistem yang dilakukan selama ini cenderung masih bersifat manual, yaitu dengan mengedarkan daftar presensi atau memanggil nama / NRP satu per satu. Oleh karena itu diperlukan suatu alat yang dapat bekerja secara otomatis untuk mendata presensi dari tiap mahasiswa. Untuk itu dipakai teknologi RFID dan embedded internet sehingga dapat diperoleh informasi yang cepat dan tepat. Hardware yang dipakai sebagai mesin presensi adalah Rabbitcore RCM3200 dan RFID ID-10. Sedangkan software yang digunakan adalah Dynamic C, PHP dan MySQL untuk database-nya. Dengan penggabungan software maupun hardware maka sistem ini dapat mendata presensi secara otomatis, karena semua proses data dikirimkan melalui jaringan internet. Hasil pengujian secara software dan hardware menunjukan bahwa mesin presensi berteknologi RFID dan Embedded Internet ini (secara simulasi) dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan dan dapat menyelesaikan masalah (yang ditimbulkan oleh sistem presensi yang konvensional), khususnya dalam hal efisiensi waktu dan tenaga. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan 2 buah Rabbitcore RCM3200, sedangkan untuk pengujian server dengan menggunakan 6 buah komputer, (terlihat bahwa server ini mampu menangani beberapa client sekaligus dalam waktu yang bersamaan).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: electric, contoller, radio frequency, indetification, rabbit microprocessor, embedded internet, rfid
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 22:26
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item