Logo

Ideologi pemberitaan surat kabar Republika dan Kompas dalam kasus penerbitan majalah playboy Indonesia

Suryana, Meilyani (2008) Ideologi pemberitaan surat kabar Republika dan Kompas dalam kasus penerbitan majalah playboy Indonesia. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap media massa mempunyai ideologi yang tercermin dari visi dan misi yang ada. Visi dan misi tersebut pada akhirnya akan terlihat dari produk jurnalistik yang dihasilkan. Republika dan Kompas sebagai media massa juga mempunyai ideologinya masing-masing. Republika sebagai media massa yang memiliki ideologi nasionalis agamis (Islami), sedangkan Kompas sebagai media massa yang memiliki ideologi nasionalis. Dengan menggunakan metode analisis framing model Pan dan Kosicki, peneliti ingin mengetahui ideologi pemberitaan surat kabar Republika dan Kompas dalam kontroversi penerbitan majalah Playboy Indonesia. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ideologi yang berbeda akan mengarahkan masing-masing media massa pada bingkai berita yang berbeda pula, karena berita yang dihasilkan merupakan hasil dari subjektivitas-subjektivitas masing-masing redaksi. Ideologi mengkonstruksi subjektivitas redaksi di dalam melakukan framing sebuah berita.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: mass media ideology, media objectivity, media subjectivity, framing, mission, vision
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 21:56
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/12755

Actions (login required)

View Item