Logo

Perancangan quality function deployment di PT X

Thamrin, Silvy Natalia and Lenggono, Sylvianto Kusumo (2006) Perancangan quality function deployment di PT X. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan mengenai tingkat kepuasan pelanggan dewasa ini telah menjadi suatu perhatian serius bagi pihak perusahaan. Komplain yang diterima oleh perusahaan mengindikasikan suatu bentuk ketidakpuasan pelanggan terhadap produk yang telah dipakainya. Sebagai perusahaan keramik yang berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya, PT X berupaya menekan jumlah komplain valid yang diterima. Upaya penekanan jumlah komplain tersebut dapat berjalan dengan efektif apabila perusahaan memproduksi keramik yang memiliki karakteristik-karakteristik sesuai dengan harapan pelanggan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu rancangan perbaikan kualitas produk keramik yang mengacu pada keinginan dan kebutuhan pelanggan. Perbaikan kualitas produk keramik pada PT X dilakukan dengan perancangan Quality Function Deployment (QFD). Dengan metode tersebut PT X dapat melakukan perbaikan kualitas melalui langkah-langkah teknis yang tepat, karena langkah-langkah teknis tersebut merupakan penerjemahan suara pelanggan. Dengan tercapainya harapan pelanggan ini tentu saja ditandai dengan menurunnya jumlah komplain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fokus perbaikan yang harus diprioritaskan oleh perusahaan mencakup 5 hal yaitu dimensi, kesikuan keramik, keseragaman warna, pecah / retak, dan cacat permukaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: quality function deployment, voice of customer, quality, customer satisfaction, complaint, focus
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 12:37
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/12812

Actions (login required)

View Item