Logo

Studi pemasangan lighting arrester 20 kv sebagai pengganti ground wire yang dihilangkan pada saluran udara tegangan menengah 20 kv dan dampaknya terhadap keandalan PLN UPJ Area Gresik

Hermanto, Arifin (2003) Studi pemasangan lighting arrester 20 kv sebagai pengganti ground wire yang dihilangkan pada saluran udara tegangan menengah 20 kv dan dampaknya terhadap keandalan PLN UPJ Area Gresik. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gresik merupakan suatu wilayah yang secara geografis berbatasan dengan Selat Madura. Posisinya yang berbatasan dengan daerah pantai ini menyebabkan daerah tersebut rawan akan sambaran petir. Untuk melindungi SUTM dari sambaran petir maka dipasang Lightning Arrester pada sebagian besar jaringan SUTM 20 kV sebagai kompensasi dari Ground Wire yang telah dihilangkan. Studi dilakukan dengan melakukan observasi secara langsung ke lapangan dan mengumpulkan data tentang penyulang dari PLN UPJ Area Gresik. Dari data gangguan dan data Saidi Saifi yang diperoleh bisa dianalisa persentase Saidi Saifi gangguan yang terjadi karena gangguan petir terhadap total gangguan penyulang. Dengan menggunakan Lightning Arrester maka diperoleh tingkat keandalan sistem yang ditunjukkan oleh tingkat Saidi 14.01% dan Saifi 25.89% pada tahun 2001. Sedang pada tahun 2002 tingkat Saidi yang diperoleh 6.43% dan tingkat Saifi- nya 21.71%. Dari hasil yang diperoleh dapat dilihat bahwa keandalan sistem yang diproteksi oleh Lightning Arrester saja masih sangat kurang. Maka disarankan untuk menambahkan Ground Wire sebagai pelindung utama dan Lightning Arrester berfungsi sebagai pengaman kedua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: electric, protection, lighting, medium voltage, transmission, stability
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 21:39
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12850

Actions (login required)

View Item