Logo

Apakah stock option memicu earnings management? (penelitian terhadap industri dagang dan jasa yang terdaftar di BEJ tahun 2000-2002 dan 2004)

Antonius, Jeffry (2007) Apakah stock option memicu earnings management? (penelitian terhadap industri dagang dan jasa yang terdaftar di BEJ tahun 2000-2002 dan 2004). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu asimetri informasi antara pihak internal dengan eksternal perusahaan. Asimetri informasi antara manajer dengan pihak eksternal membuat manajer dapat menggunakan kekuasaan mereka dalam menyiapkan dan melaporkan informasi akuntansi untuk kepentingan mereka sendiri. Stock option merupakan penghargaan yang diberikan kepada eksekutif perusahaan berupa opsi untuk membeli sejumlah saham perusahaan tersebut agar eksekutif mempunyai misi yang sama yaitu menciptakan nilai perusahaan. Sehingga masalah yang dapat dirumuskan adalah: Apakah stock option selalu didahului oleh earnings management. Stock Option yang dilakukan oleh perusahaan secara teori akan membuat manajer melakukan earnings management dengan pola income decreasing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan obyek penelitian adalah 61 perusahaan dagang dan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Data-data yang digunakan adalah data sekunder, data-data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa stock option tidak signifikan mempengaruhi earnings management.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: stock option, earnings management
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 21:36
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item