Logo

Representasi komunikasi nonverbal dalam kaitan komunikasi antarbudaya pada film "Nagabonar Jadi 2"

, Leony (2008) Representasi komunikasi nonverbal dalam kaitan komunikasi antarbudaya pada film "Nagabonar Jadi 2". Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Film Nagabonar Jadi 2 menyuguhkan keragaman budaya, di dalamnya, tidak hanya kebudayaan Batak yang menjadi budaya Nagabonar. Bahasa sebagai medium komunikasi antarbudaya tidak hanya menggunakan bahasa verbal, tetapi juga bahasa nonverbal. Seperti halnya komunikasi verbal, komunikasi nonverbal pada masing-masing budaya juga tidak sama. Penulis ingin mengetahui bagaimana Representasi Komunikasi Nonverbal dalam kaitan Komunikasi Antarbudaya pada film Nagabonar Jadi 2. Menggunakan metode penelitian semiotika, dengan pendekatan kualitatif serta jenis penelitian deskriptif, penulis menemukan bahwa ketika orang-orang yang berasal dari budaya yang berbeda berkumpul pada satu tempat, maka akan tercipta budaya multikultur. Sudah tentu komunikasi antar satu orang dari kelompok budaya tertentu dengan kelompok lain yang berasal dari latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda memiliki hambatan komunikasi antarbudaya. Oleh karena itu, etika kemajemukan sangat diperlukan agar masing-masing individu dapat hidup berdampingan dengan damai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: representation, nonverbal communication, intercultural communication, multicultural, ethic of multicultural
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 17:10
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item