Logo

Penurunan tingkat kecacatan (skip stitch dan broken stitch) dan peningkatan kualitas di sewing department PT Eratex Djaja

Wijaya, Andi (2007) Penurunan tingkat kecacatan (skip stitch dan broken stitch) dan peningkatan kualitas di sewing department PT Eratex Djaja. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT Eratex Djaja adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan garmen. Masalah kualitas telah menjadi masalah utama bagi PT Eratex Djaja karena Rata-rata kualitas produk dari bulan Desember sampai bulan Februari hanya mencapai 82.99% dari target 95%. Tugas Akhir ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk secara bertahap dengan cara menurunkan tipe kecacatan skip stitch dan broken stitch di Sewing Department sampai dengan 40% dari data aktual. Kedua tipe kecacatan tersebut dapat dikategorikan sebagai tipe kecacatan terbesar setelah operation mistake. Metode yang digunakan adalah Siklus Plan-Do-Study-Action untuk mengetahui besar kecacatan skip stitch dan broken stitch, mengidentifikasi akar permasalahan, mengidentifikasi lokasi terjadinya kecacatan, pemilihan solusi optimal, pengimplementasian solusi optimal, dan menganalisa kinerja solusi yang telah diimplementasikan. Penelitian difokuskan pada data kecacatan skip stitch dan broken stitch AQL. Hasil peneltian menunjukkan bahwa penelitian telah sukses karena data pengimplementasian berhasil melampaui target. Tetapi penelitian masih memiliki permasalahan pada kecacatan skip stitch ELI karena meskipun pencapaian data implementasi telah mencapai target tetapi solusi-solusi yang telah diimplementasikan masih belum dapat mengontrol kecacatan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: skip stitch, broken stitch, plan do study action
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 17:11
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/12988

Actions (login required)

View Item