Logo

Penjadwalan produksi untuk meminimumkan setup time dan memaksimumkan aliran uang dengan metode genetic algorithm studi kasus pada CV. WP

Wanayulastri, Novidwina and Partana, Ivan (2007) Penjadwalan produksi untuk meminimumkan setup time dan memaksimumkan aliran uang dengan metode genetic algorithm studi kasus pada CV. WP. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penjadwalan pada CV. WP memiliki banyak kendala dan kriteria. Kendala yang dihadapi adalah total omzet dan adanya produksi bertahap untuk produk dengan banyak warna yang menyebabkan waktu setup menjadi besar. Kriteria yang harus dipenuhi adalah mempercepat waktu penyelesaian, memaksimumkan aliran uang, dan meminimumkan setup time. Selama ini, penjadwalan CV. WP hanya berdasarkan intuisi dan pengalaman. Tugas Akhir ini bertujuan untuk memberikan usulan mengenai metode penjadwalan produksi dengan menggunakaan Genetic Algorithm yang dapat meminimumkan setup time dan memaksimalkan aliran uang melalui dua tahap penjadwalan yaitu menentukan kombinasi order yang dikerjakan terlebih dahulu dan menentukan jumlah produksi bertahap untuk produk-produk yang memiliki lebih dari satu warna. Penjadwalan usulan dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan penjadwalan awal CV. WP, yaitu dapat meningkatkan aliran uang sebesar 3,434% dan menurunkan setup time sebesar 3,5856%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: production scheduling, genetic algorithm, completion time
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 17:04
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13021

Actions (login required)

View Item