Logo

Peningkatan produktivitas dengan minimalisasi aktivitas non-productif pada industri corrugated carton box PT. Lestari Karya Makmur

Asali, Victor (2004) Peningkatan produktivitas dengan minimalisasi aktivitas non-productif pada industri corrugated carton box PT. Lestari Karya Makmur. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT. Lestari Karya Makmur merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pembuatan box karton dengan bahan baku berupa kertas gelondongan dengan jenis utama kertas kraft dan kertas medium. Tujuan yang ingin dicapai dalam pengerjaan Tugas akhir ini adalah untuk mengurangi aktivitas non-produktif yang seringkali disebut sebagai hambatan. Dengan melakukan usaha-usaha untuk mengurangi hambatan yang terjadi selama proses produksi tersebut, diharapkan waktu yang digunakan untuk berproduksi (aktivitas produktif) menjadi lebih banyak. Sehingga angka produktivitas juga akan meningkat. Pengolahan data yang dilakukan, akan menghasilkan usulan perbaikan untuk mengurangi aktivitas non-produktif dalam suatu proses produksi pada mesin tertentu. Langkah pertama yang dilakukan adalah analisa produktivitas, dimana dari mesin-mesin yang berproduksi secara kontinu akan dianalisa utilitasnya. Angka utilitas yang diharapkan adalah 95% ke atas. Untuk analisa data selanjutnya akan menggunakan diagram pareto dan diagram fishbone. Dalam analisa pareto akan dibahas hambatan-hambatan yang terjadi dalam suatu mesin, untuk kemudian dicari hambatan utamanya. Sedangkan analisa fishbone akan membahas penyebab dari hambatan utama tersebut. Dari penyebab yang diperoleh pada analisa fishbone akan diberikan usulan-usulan perbaikan berdasar penyebab dari suatu hambatan yang bertujuan untuk mengurangi aktivitas non-produktif selama proses produksi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: barrier, productivity, pareto analysis, fishbone analysis, industry, planning, production
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 17:05
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item