Logo

Perbandingan algoritma exhaustive, algoritma genetika dan algoritma jaringan syaraf tiruan hopfield untuk pencarian rute terpendek

Tjondro, Wahyudi (2006) Perbandingan algoritma exhaustive, algoritma genetika dan algoritma jaringan syaraf tiruan hopfield untuk pencarian rute terpendek. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hingga saat ini, algoritma untuk pencarian rute terpendek (optimasi) begitu banyak. Setiap algoritma yang ada memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, selain itu keunggulan dari tiap algoritma juga tergantung atas kasus yang dihadapi. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini dibuat perangkat lunak yang dapat memberikan informasi pembandingan algoritma berdasarkan kasus-kasus tertentu. Algoritma yang dibandingkan dalam pencarian rute adalah algoritma exhaustive, genetic algorithm dan neural network hopfield dimana ketiga algoritma ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Kasus-kasus yang digunakan dapat dibuat sendiri oleh user dengan fasilitas yang ada. Perangkat lunak ini dibuat menggunakan Borland Delphi 7. Dari hasil pengujian perangkat lunak ini, selain didapatkan rute paling optimum, dari hasil pembandingan antara ketiga algoritma tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk kasus dengan skala kecil (n < 10), algoritma exhaustive memberikan hasil pencarian rute yang lebih optimum dan waktu yang singkat. Di samping itu, genetic algorithm harus memiliki input yang tepat untuk memberikan hasil optimum, sedangkan neural network hopfield memiliki hasil rute yang kurang memuaskan untuk kasus dengan skala besar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: optimum pathfinding , exhaustive, genetic algorithm, neural network
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 16:38
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13147

Actions (login required)

View Item