Logo

Persepsi manajer kredit atas pengaruh jasa atestasi, kantor akuntan publik dan struktur modal terhadap keputusan pemberian kredit

S, Anastasia Listyani (2006) Persepsi manajer kredit atas pengaruh jasa atestasi, kantor akuntan publik dan struktur modal terhadap keputusan pemberian kredit. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah semakin meningkatnya kebutuhan perusahaan akan sumber dana eksternal yang berasal dari kredit. Sedangkan bank, sebagai kreditur, dalam memberikan kredit akan terlebih dahulu meninjau kredibilitas debitur, yang dapat dilihat dari laporan keuangan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: apakah jasa atestasi, Kantor Akuntan Publik dan struktur modal debitur mempengaruhi persepsi Manajer Kredit dalam menentukan tingkat bunga dan jumlah pinjaman. Penelitian ini mengambil sampel bank ? bank di Surabaya, dengan responden para manajer kredit ataupun staf bagian kredit yang berwenang. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan metode Chi-Square untuk mengetahui perbedaan persepsi Manajer Kredit dari bank berskala besar dan bank berskala kecil. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh jasa atestasi, Kantor Akuntan Publik dan struktur modal terhadap tingkat bunga dan jumlah pinjaman digunakan Crosstab. Hasil dari penelitian ini adalah jasa atestasi dan Kantor Akuntan Publik tidak mempengaruhi tingkat bunga maupun jumlah pinjaman. Sedangkan struktur modal berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah pinjaman. Tetapi tidak berpengaruh terhadap tingkat bunga pinjaman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: attestation services, cpa firm, capital structure, interest rate, loan amount, accountants
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 16:30
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13197

Actions (login required)

View Item