Logo

Faktor-faktor lapangan spesifik dan global yang menyebabkan keterlambatan pada tahapan pekerjaan struktur dan arsitek pada proyek berskala besar

Lalitan, Dony and Loanata, Vincentius Rachmat (2008) Faktor-faktor lapangan spesifik dan global yang menyebabkan keterlambatan pada tahapan pekerjaan struktur dan arsitek pada proyek berskala besar. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterlambatan adalah masalah yang paling umum dijumpai pada proyek konstruksi dan menyebabkan membengkaknya biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lapangan global dan spesifik yang paling sering terjadi pada pekerjaan struktur dan arsitek bangunan berskala besar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak keterlambatan yang paling besar dari setiap faktor-faktor lapangan pada tahapan pekerjaan. Dari 198 responden pada penelitian ini didapatkan bahwa dua faktor lapangan yang sering terjadi dalam penelitian ini yang menyebabkan keterlambatan pada tahapan pekerjaan secara total adalah faktor perubahan disain saat pelaksanaan konstruksi, dan lambatnya persetujuan gambar kerja oleh owner. Dari hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pandangan antara kontraktor dan pihak owner dalam menentukan faktor-faktor lapangan yang menyebabkan keterlambatan. Didapatkan pula faktor-faktor yang sering muncul merupakan faktor yang berhubungan dengan informasi dari pihak owner. Bila dilihat dari dampaknya, faktor lapangan yang mempunyai dampak yang paling besar dalam menyebabkan keterlambatan adalah perubahan disain saat pelaksanaan konstruksi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: field factors, big-scale projects, projects delays, structural and architectural work
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 11 May 2011 12:59
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13484

Actions (login required)

View Item