Logo

Aplikasi 3D parametric modeling pada perancangan botol minum dengan menggunakan software autodesk mechanical dekstop 2006

Oematan, Rony Robinson (2007) Aplikasi 3D parametric modeling pada perancangan botol minum dengan menggunakan software autodesk mechanical dekstop 2006. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan produk tidak terlepas dari proses desain dimana banyak kali melibatkan bantuan penggunaan perangkat lunak dalam pelaksanaannya. Kemampuan pemodelan parametrik software CAD telah terbukti mampu mengembangkan ragam model dari satu bentuk model dasar dengan cara merubah nilai maupun status dari parameter desain yang melekat pada sebuah model CAD 3 dimensi. Salah satu prosedur dalam pemodelan parametrik yaitu dengan pemanfaatan fasilitas design table yang pada dasarnya adalah tabel dengan format Microsoft Excel yang dapat mengendalikan dimensi, geometri, maupun status fitur yang dimiliki model melalui alamat cell pada tabel dengan format baris adalah ragam model sedangkan kolom memuat parameter yang divariasikan. Proses perubahan desain menjadi ragam model tidak dapat dilaksanakan dengan cepat disebabkan karena yang meiliki akses kepada model CAD hanyalah desainer. Maka, dapat dibuat jembatan perubahan pada model yang dikembangkan dengan basis Visual Basic Application (VBA) yang telah terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel. Melalui VBA ini telah dapat mengendalikan perubahan 12 parameter dimensi, serta beberapa opsi perubahan lainnya secara interaktif pada model CAD.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: parametric modeling, CAD, user interface, VBA
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 12:29
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

View Item