Logo

Perancangan dan pembuatan aplikasi pencari jawaban pada customer support menggunakan information retrieval dan natural language processing

Candra, Hengky Soetanto (2007) Perancangan dan pembuatan aplikasi pencari jawaban pada customer support menggunakan information retrieval dan natural language processing. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan dunia teknologi saat ini sangat pesat, terutama dalam bidang artificial intelligent. Perangkat lunak yang dibuat dalam tugas akhir ini merupakan bagian dari aplikasi artificial intelligent yang berusaha menggunakan pengetahuan bahasa alami bahasa indonesia untuk melakukan pencarian jawaban pada sekumpulan dokumen. Pecarian jawaban ini didesain untuk customer support dengan tujuan mempermudah user dan customer mencari informasi. Perangkat lunak ini dibuat dengan menggunakan information retrieval dan natural language processing. Metode information retrieval yang digunakan adalah xml retrieval dan vector space model. Sedangkan metode natural language processing yang digunakan adalah proses stemming menggunakan morfologi bahasa indonesia, penggunaan pattern dalam mengenali kalimat, dan pengenalan frase kata benda dalam bahasa indonesia.. Hasil dari pencarian jawaban tersebut berupa file HTML. File HTML ini dibentuk dari hasil transformasi file XML dengan XSLT. Pemrograman perangkat lunak menggunakan prinsip pemrograman berorientasi objek (OOP) dengan menggunakan bahasa pemrograman C#, kompiler Microsoft Visual C# 2005?Perangkat lunak ini diujikan terhadap file frequently asked question dengan struktur dokumen berupa tree. Tingkat akurasi pengujian dipengaruhi oleh list stopwords dan pattern. yang digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: xml retrieval, information retreval, natural language processing
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 11:20
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item