Logo

Analisis persepsi konsumen terhadap komponen pembentuk kualitas program studi S1 (studi kasus: perbandingan antara program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra dan Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Universitas Ciputra

Kumala, Patricia and Laimena, Herry (2008) Analisis persepsi konsumen terhadap komponen pembentuk kualitas program studi S1 (studi kasus: perbandingan antara program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra dan Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Universitas Ciputra. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Universitas (perguruan tinggi) pada zaman sekarang mulai menempatkan diri sebagai suatu perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa yang menjual jasa pendidikan. Dalam menghadapi persaingan, suatu perguruan tinggi harus menjaga kualitas yang dimilikinya. Dalam menilai kualitas sebuah perguruan tinggi terdapat 14 komponen pembentuk kualitas perguruan tinggi. Dalam penelitian ini komponen tersebut akan diringkas menjadi 9 komponen, yaitu jati diri, mahasiswa, dosen, kurikulum, sarana dan prasarana, biaya, proses pembelajaran, pengelolaan program, dan sistem informasi. Pada penelitian ini, penulis ingin melihat serta membandingkan antara persepsi calon mahasiswa terhadap 9 komponen pembentuk kualitas Program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra dan Program Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Universitas Ciputra. Selanjutnya persepsi calon mahasiswa terhadap kedua program tersebut akan diteliti lebih mendalam apakah perbedaannya signifikan atau tidak. Penulis juga akan meneliti apakah ada hal-hal khusus yang dipersepsikan sebagai keunggulan kompetitif dari masing-masing program. Hasil dari penelitian ini adalah pada umumnya calon mahasiswa mengatakan setuju bahwa 9 komponen pembentuk kualitas kedua program berkualitas. Perbedaan persepsi terhadap kedua program yang signifikan tampak dalam komponen jati diri, biaya, dan sistem informasi. Sedangkan untuk komponen mahasiswa, dosen, kurikulum, sarana dan prasarana, proses pembelajaran, dan pengelolaan program perbedaannya tidak signifikan. Komponen yang dipersepsikan oleh calon mahasiswa sebagai keunggulan kompetitif dalam Program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra adalah sistem informasi, kurikulum, serta sarana dan prasarana. Sedang dalam Program Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Universitas Ciputra adalah komponen pengelolaan program, kurikulum, dan sistem informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: perception, universitys quality
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 18 Apr 2011 14:42
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13810

Actions (login required)

View Item