Logo

Pengaruh laju pendinginan proses direct chill casting terhadap konfigurasi permukaan dan sifat mekanik produk aluminium seri 296.0

Saputro, Widhyo (2008) Pengaruh laju pendinginan proses direct chill casting terhadap konfigurasi permukaan dan sifat mekanik produk aluminium seri 296.0. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses Direct Chill Casting (DCC) pada umumnya digunakan untuk menghasilkan ingot. Profil permukaan ingot yang dihasilkan bergantung pada parameter pada proses DCC itu sendiri. Salah satu parameter yang berpengaruh adalah laju pendinginan. Dalam penelitian ini digunakan laju pendinginan untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya dalam menghasilkan produk cor dengan permukaan yang lebih halus dan pengaruhnya terhadap sifat mekanik. Laju pendinginan dikontrol dengan menggunakan nozzle yang mempunyai variasi diameter 0,5 mm, 1 mm dan 1,5 mm. Sedangkan parameter-parameter lain yang juga berpengaruh pada produk cor di-setting sama dengan penelitian sebelumnya. Diameter cetakan yang digunakan mempunyai ukuran 70 mm. Penelitian ini belum berhasil dalam menyiapkan sample produk DCC. Hanya didapatkan panjang produk DCC pada kisaran 64 mm sampai dengan 166 mm. Penyebab ketidak berhasilan ini adalah kesalahan pemilihan material (ingot). Berdasarkan uji spectrometer ingot, terdapat beberapa unsur dalam Aluminium yang menyebabkan ketidak berhasilan penelitian ini yaitu unsur silikon (Si) yang mempengaruhi fluiditas logam Al, kalsium (Ca) yang membantu penyerapan gas hidrogen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: direct chill casting, cooling rate, nozzle, ingot
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 25 Mar 2011 08:29
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item